Jurnal Database Internasional


REVIEW JURNAL

"TRANSLATION METHODOLOGY BASED ON METAMODEL OF COMPLEX STRUCTURE FOR DATABASE DESIGN"

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Basis Data

Dosen Pengampu : Debby Alita, S.Kom, M.Cs

Oleh : Ichwan Sholihin







INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA
BANDAR LAMPUNG
2020


A. Latar Belakang
Database Management System (DBMS) adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. Tujuan utama penggunaan DBMS dalam jaringan komputer adalah untuk menghindari kekacauan dalam hal pengolahan data yang jumlahnya besar. DBMS merupakan perantara bagi pengguna dan database dan agar dapat berinteraksi dengan DBMS maka pengguna harus memakai bahasa database yang sudah ditentukan.

B. Tujuan
Tujuan yang akan dicapai dalam artikel ini adalah untuk pengembangan software engineering workshop dan skema database yang didasarkan pada model data Object-Oriented menggunakan SQL3 dimana penekanannya adalah di skema visualisasi database dan UML diagram.

C. Subjek
Pengembangan sebuah software layer database yang disebut GUEDOS-DB pada Object-Relational Database Management System (ORDBMS).

D. Pengembang Makalah
  • Hassan Badir : ENSA Department of Computer Engineering, UAE University, Tangier, Morocco
  • Hicham Hajji : IAV, Rabat, Morocco
  • Rachida Fissoune : Ensate, Tetouane, Morocco

E. Review
Pada jurnal ini, mereka bertiga mencoba mengembangkan sebuah software layer database yang disebut GUEDOS-DB pada Object-Relational Database Management System (ORDBMS) dengan tujuan untuk menawarkan kepada para ahli biologi kemungkinan untuk mengakses secara terpadu penyebaran informasi di antara bank data genom yang heterogen dan menerapkannya dalam Biologi Molekuler, lebih tepatnya Organelle (mitokondria dan kloroplas) genom lengkap. Dan tujuan lainnya yaitu untuk menyediakan grafik skema visual melalui sejumlah contoh ilustrasi serta interaksi manusia-komputer yang diadopsi teknik dalam perancangan dan kueri visual ini memudahkan ahli biologi untuk merumuskan basis data kueri dibandingkan dengan representasi kueri tekstual linier. Prototipe GUEDOS didasarkan pada pendekatan grafis yang digunakan untuk merepresentasikan database schema graph.

Selain itu, konsepsi skema diwujudkan dengan manipulasi grafik sistemik dan langsung oleh satu set operator grafik yang tersedia. Juga, GUEDOS dicirikan oleh beberapa kriteria: 
• Fleksibel: fleksibilitas menunjukkan bahwa bahasa grafis yang digunakan harus disesuaikan. 
• Tambahan: minat praktis terletak pada kenyataan bahwa, selama fase konsepsi skema, pengguna dapat membangun skema secara bertahap dengan mendefinisikan lebih banyak kendala. 
• Seragam: keseragaman memaksakan mode interaksi yang identik untuk berbagai fungsi sehingga meningkatkan alat ergonomi.

Berikut beberapa gambaran dari skema database pada jurnal ini :
Gambar 1 : Schema graph untuk urutan Mitokondria


Gambar 2 : Schema graph UML-DB untuk urutan Mitokondria


Dan pada gambar dibawah ini adalah alur spesifikasi umum dari ORDBMS


Berikut contoh query yang digunakan urutan mitokondrial

F. Kesimpulan & Hasil Bahasan
Jurnal yang saya review ini telah menggambarkan lingkungan secara keseluruhan, berfokus pada saat yang sama pada struktur data statis dan pemodelan proses dinamis. Sebagai perspektif, kami cenderung memperluas GUEDOS untuk mengkarakterisasi memperoleh skema konseptual sehubungan dengan pemrosesan sebelumnya, dengan memperkenalkan akses metode, bahkan denormalisasi, dan untuk mengintegrasikan beberapa skema skema konseptual ke dalam skema tanpa kehilangan informasi. Arahan kerja ini mengarahkan kita untuk lebih memperhatikan proses optimasi dan desain.

G. Referensi
DownloadJurnal: http://airccse.org/journal/ijdms/papers/3411ijdms02.pdf

#UniversitasTeknokratIndonesia  #TeknokratLampung #KampusnyaSangJuara

Post a Comment

2 Comments