Membuat Logo Universitas Teknokrat Indonesia Menggunakan CorelDraw

Nama : Ichwan Sholihin

NPM : 19312131

Kelas : IF 19 A

Pertama, buat dokumen baru pada CorelDraw, pilih New Document. Dan tampilan pada halaman kerja CorelDraw seperti ini

Kita langsung masuk ke praktik untuk membuat logonya. Buat simbol huruf ‘T’ pada logo Teknokrat terlebih dahulu. Buat objek persegi panjang, pilih Shape Tool, klik kanan dan pilih Convert to Curve lalu klik 2x untuk membuat titik baru pada garis.



Untuk membuat lengkungan pada objek, klik kanan pada garis, pilih Curve to, buat lengkungan seperti pada gambar dibawah ini.


Hasil dari lengkungan garis tadi, duplikat objek dengan tekan Ctrl+D dan ubah arah dari objek duplikat tersebut dengan mengklik icon Mirror vertical pada menu bar diatas serta klik weld untuk menggabungkan objek.

Untuk hasil akhir, warnai objek. Dan hasilnya seperti dibawah ini

Setelah membuat simbol ‘T’, kemudian kita akan mendesain simbol api merah yang letaknya di atas simbol ‘T’ tersebut. Buat persegi panjang, pilih shape tool, klik kanan pada sisi garis atas, dan pilih convert to curve, buat satu titik baru di tengah sisi atas dengan mengklik 2x pada garis, dan buat bentuk seperti ini.

Setelah membuat titk baru pada garis, buat lengkungan seperti gambar dibawah, pilih kembali shape tool, klik kanan dan pilih convert to curve, lalu pilih to curve.


 


Duplikasi objek menjadi 2, klik icon Mirror vertical yang berada di menu atas lembar kerja CorelDraw untuk mengubah arah objek, gabungkan fan klik weld untuk menyatukan objek, kemudian beri warna merah pada objek, hasil akhir seperti dibawah ini

Kemudian, kita akan membuat simbol topi toga dan pen yang terletak dibawah simbol ‘T’ pada logo Universitas Teknokrat. Buat 3 objek oval dan letakkan masing-masing posisi oval seperti digambar

Warnai objek paling besar dengan warna hitam, dan objek kedua dengan warna putih sebagai fill color nya, tebalkan garis pinggiran dari objek 3 dan letakkan seperti digambar. Agar objek 3 tidak menimpa objek lain, klik kanan pada objek, pilih order dan back of page.


Tambahkan objek persegi diatas oval yang sudah dibuat, kemudian pilih shape tool, klik kanan pada objek persegi dan pilih convert to curve, ubah garis menjadi diagonal.


Atur ketebalan garis pada objek persegi, dan hasilnya akan seperti ini

Setelah membuat ilustrasi atau simbol topi toga, kemudian kita buat tali untuk tambahan ilustrasinya, saya membuat 2 objek berbeda, 1 lingkaran dan 5 persegi panjang, kemudian gabungkan objek seperti digambar, untuk menggabungkan seluruh objek, klik Ctrl+G untuk meng-group objek.

Setelah itu klik weld untuk menyatukan seluruh objek.


Letakkan hasil dari ilustrasi seperti digambar


Kemudian, kita akan membuat objek pen, pertama, buat persegi panjang dan curve objek menjadi seperti ini


Duplikasi, ubah orientasi, dan klik weld untuk objek


Buat juga objek persegi panjang dan lingkaran


Klik weld, dan hasilnya seperti pada gambar


Setelah itu, klik 2x untuk ubah sudut kemiringan pada objek dan trim menggunakan persegi


Terakhir gabungkan, maka hasil dari ilustrasi/simbol menjadi seperti ini



Setelah membuat beberapa simbol, kali ini kita buat tulisan dari logo Universitas Teknokrat Indonesia, pertama buat objek lingkaran secara sempurna dan teks. Untuk font dari teks, saya menggunakan font Futura Md BT Bold dan ukuran dapat disesuaikan


Kemudian, kita buat agar teks mengikuti lengkungan dari objek lingkaran, pilih Text dan klik Fit Text to Path


Disini, kita bisa melihat preview dari lengkungan teks. Setelah dirasa lengkungan dan lebar teks sesuai, klik sembarang dan untuk melepas teks dari lingkaran, tekan Ctrl+K atau klik 2x pada teks

Pun sama untuk teks yang lainnya


Namun untuk teks dari ‘Indonesia’ ini masih belum sesuai pada logo, untuk menyesuaikan anda bisa menggunakan tools Mirror pada CorelDraw.


Jika teks masih saling berhimpitan, anda bisa mengatur jarak antar huruf dengan mengklik Text Properties pada menu kanan atas atau tekan Ctrl+T dan atur jarak antar huruf



Sesuaikan dengan teks lainnya, sehingga hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini


Warnai teks, beri 2 icon tambahan. Pilih Polygon Tool, klik panah bawah kanan, dan pilih Star. Untuk ketebalan garis, bisa anda sesuaikan, klik objek dan pilih Outline width pada menu atas


Untuk tahapan terakhir, buat objek polygon segilima


Pilih shape tool, klik kanan objek, pilih Convert to curve, dan to curve, sesuaikan dengan logo




Post a Comment

0 Comments