Langkah Langkah Pengamanan Data & Sistem pada PC



Nama : Ichwan Sholihin
NPM : 19312131
Kelas : IF 19B

1. Instal Software Antivirus

Program antivirus yang baik dan dapat diandalkan adalah dasar yang harus dimiliki dari setiap sistem keamanan cyber. Selain itu, perangkat lunak anti-malware juga sangat penting. Mereka berfungsi sebagai batas akhir untuk mempertahankan serangan yang tidak diinginkan, jika mereka melewati jaringan keamanan Anda.

Software bekerja dengan mendeteksi dan menghapus virus dan malware, adware dan spyware. Software juga memindai dan memfilter unduhan dan email yang berpotensi berbahaya.

2. Lindungi Sistem dengan firewall

Firewall diperlukan karena membantu sistem melindungi lalu lintas jaringan masuk dan keluar. Ini dapat menghentikan peretas dari menyerang jaringan dengan memblokir situs web tertentu. Itu juga dapat diprogram sehingga mengirimkan data hak milik dan email rahasia dari jaringan perusahaan dibatasi.

 
3. Instal software enkripsi

Jika berurusan dengan data yang berkaitan dengan kartu kredit, rekening bank, dan nomor jaminan sosial setiap hari, masuk akal untuk memiliki program enkripsi. Enkripsi menjaga data tetap aman dengan mengubah informasi di komputer menjadi kode yang tidak dapat dibaca.

Dengan cara itu bahkan jika data pada sistem dicuri, itu tidak akan berguna bagi peretas karena ia tidak akan memiliki kunci untuk mendekripsi data dan menguraikan informasi.

4. Gunakan selalu Incognito mode saat berada di luar

Saat berpergian, terkadang memerlukan komputer atau laptop seperti untuk mengakses email dan media sosial. Untuk melakukan aktivitas tersebut, maka dibutuhkan jaringan internet.

Fitur Incognito mode sangat berguna ketika mengakses data penting saat berselancar internet, terutama di tempat publik. Saat masuk dalam mode ini, kalian tidak perlu terlalu mengkhawatirkan data yang tersimpan, bahkan saat lupa menekan tombol logout. Incognito mode adalah fitur privasi pada situs web untuk menonaktifkan history dan cache browsing.

Post a Comment

0 Comments